• SEKILAS TENTANG SUMBERDAYA KELAUTAN

    Negara kepulauan tropis Indonesia kaya akan beragam sumberdaya laut dan pesisir. Bermacam jenis ikan, burung laut, terumbu karang, mangrove dan biota lainnya hidup di laut yang terbentang diantara ribuan pulau. Berbagai tipe pantai, teluk, gelombang, angin, mineral dan sumberdaya lainnya terhampar luas di pesisir dan laut lepas. Kekayaan sumberdaya tersebut bukan saja menjadi penghidupan bagi penduduk di sekitar laut tapi juga mendatangkan pendapatan dan devisa negara.
    Secara teritorial, yuridiksi dan fungsional, laut Indonesia meliputi batas-batas wilayah kedaulatan, pulau-pulau kecil terluar, alur pelayaran, tata ruang kelautan nasional, kawasan konservasi laut dan lingkungan pantai serta lingkungan laut. Dalam batas wilayah dan kawasan tersebut indonesia memiliki kedaulatan untuk mempertahankan laut dan menggelola semua sumberdaya yang ada di dalamnya.
    Laut Indonesia dengan berbagai kedalaman, arus permukaan, gelombang dan cekungan merupakan ladang penghasil sumberdaya berbagai mineral dan energi yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Mineral logam dan non logam, batu bara, gambut, minyak, gas, dan potensi energi lainnya tersedia di laut lepas dan dapat dieksploitasi untuk kepentingan Indonesia.
    Selain menjadi ladang energi dan mineral, laut Indonesia juga menjadi akuarium dunia dengan berbagai jenis ikan, moluska, mamalia laut, burung-burung laut, dan biota lain yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Terumbu karang, padang lamun, rumput laut tumbuh menghiasi dasar laut dan menjadikan laut Indonesia sebagai tempat berlangsungnya kehidupan berbagai jenis biota. Mangrove yang tumbuh berderet di pantai menjadi pelindung pantai dan kawasan pesisir.
    Kehidupan di pesisir dengan aktivitas para nelayan berlayar, menebar jaring, berlabuh dan menjual hasil tangkapan merupakan kesibukan untuk menggerakkan roda perekonomian agar kehidupan sosial dan ekonomi tetap berlangsung. Selain perekonomian nelayan, pesisir juga diramaikan dengan pelayaran, kesibukan pelabuhan, dan kunjungan wisatawan ke berbagai obyek wisata yang ada di laut dan pesisir.
    Bebagai informasi sumberdaya tersebut disajikan pada Atlas Sumberdaya Kelautan dalam bentuk peta narasi. Peta menunjukkan lokasi atau persebaran sumberdaya dan narasi memberikan gambaran tentang sumberdaya yang ditampilkan pada peta.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar