• BEBERAPA GEJALA ALAM PENTING BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

    Bagi rakyat Indonesia, ada beberapa gejala alam, yang sangat mpengaruhi kehidupannya. Timbulnya gejala itu tidak bisa diminta atau ditolak, Suka ataupun duka rakyat bisa berpangkal dari gejala alam ini. Malahan, corak kehidupannya pun sedikit banyak ditetapkan oleh gejala-gejala ilu. GejaJa alam yang dimaksud adalah :

    1.I klim ;
    2.G e m p a ;
    3.Vulkanisme.

    Kita bahas gejala itu selanjutnya satu persatu.

    1 k I i m.

      
    Iklim adalah unsur geografis yang paling penting daiarn mempengaruhi perikehidupan manusia.' Sangat pentingnya kedudukan iklim itu adalah atas dasar kenyataan, bahwa manusia tidak bisa menghindarkan diri dari pengaruhnya, dan tidak bisa pula mengendalikannya. Benar, kadang-kadang ada yang berhasil "membuat hujan''. Tetapi, untuk bisa menghasilkan hujan buatan"bahan" hujan di udara harus cukup tersedia. Seandainya manusia benar sudah bisa mengendalikan iklim, bisa menghasilkan hujan buatan tanpa syarat, tentu gurun Sahara dan gurun lainnya kini sudah dapat dijadikan daerah pertanian. Tentu pula musim kering yang melanda Afrika bagian selatan dan Amerika Latin pada tahun 1982 tidak akan berlarut dan meminta korban sedemikian besar. Benar, ada pula yang bisa mengendalikan suhu dalam kamar, tetapi tidak di alam terbuka, dan hanya terbatas sifatnya.

    5.02. Sifat Dari Iklim Indonesia.
    Ada empat sifat dasar iklim Indonesia, yang ditentukan oleh faktor-faktor letak dan sifat kepulauan, yaitu :
    1. Suhu rata-rata tahunan tinggi, sebagai akibat daripada letak "dekat" khatulistiwa.
    letak dan sifat kepulauan2.
    2. Ada hembusan angin musim yang membawa musim hujan dan musim kemarau, sebagai akibat daripada perbedaan tekanan udara di daratan Asia dan Australia. Letak Indonesia adalah di antara Benua Asia dan Australia.
    3. Bebas dari hembusan Angin Taifun, karena Kepulauan Indonesia sebagian terbesar terletak tidak lebih dari 10 LU atau 10 LS.
    4. Radar kelembaban udara senantiasa tinggi, sebagai'akibat daripada sifat kepulauan. Luasnya lautan dan selat-selat serta suhu yang selalu tinggi, mengakibatkan jumlah penguapan selalu tinggi pula.

    Pada musim kemaraupun dan di tempat yang terkenal paling kering juga kadar keiembaban udara selalu diantara 70 - 80 %.Karena kadar kelembaban udara yang tinggilah lklim Indonesia disebut juga iklim tropik basah.
    Disamping kelembaban udara yang tinggi, sifat kepulauan juga meng-akibatkan tidak adanya perbedaan suhu yang besar (ekstrim) antara suhu maksimum dan shu minimum. Laut mencegah adanya suhu ekstrim.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar